Desa Kokini Mengadakan Lomba Tolunikon Pada Perayaan 17 Agustus ke 73

- August 22, 2018
Desa Kokini, Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Laut Provinsi Sulawesi Tengah baru-baru ini melakukan lomba Tolunikon dalam perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73.

Tolunikon merupakan salah satu seni dan tarian daerah yang ada di Kabupaten Banggai Laut. Seni dan tarian daerah ini sudah ada sejak zaman Kerajaan Banggai dan sering ditampilkan pada acara-acara kemasyarakatan maupun acara resmi kerajaan pada zaman itu.

Seiring perkembangan zaman, beberapa seni dan tarian daerah yang ada di Kabupaten Banggai Laut seperti tolunikon, paupe, baode, baridan, osulen, dan lain-lain sudah semakin asing dan bahkan sudah jarang orang yang dapat memainkannya.

Demi melestarikan seni dan budaya yang semakin hilang tersebut, Pemerintah Desa Kokini mencoba melakukan perlombaan salah satu seni dan tarian daerah yaitu Tolunikon pada perayaan 17 agustus tersebut.

Batolunikon merupakan Seni dan Tarian Daerah Banggai Laut
Batolunikon merupakan Seni dan Tarian Daerah Banggai Laut

Perlombaan diikuti oleh 5 (lima) kelompok yang berasal dari masing-masing perwakilan RT. Selain menampilkan seni dan tarian yang diperlombakan, para peserta diberikan kesempatan untuk menampilkan lagi tarian daerah banggai lainnya yang dipilih bebas oleh peserta seperti paupe, baridan, baleele, baode, dan paupe.

Kegiatan berlangsung meriah dan bahkan pada pelaksanaan kegiatan terdapat penonton dan juri yang sempat meneteskan air mata menyaksikan tampilan dari para peserta. Karena memang dasarnya beberapa seni dan tarian yang ada tersebut bertemakan dan memiliki alunan yang sedih.

Video berikut ini merupakan salah satu tampilan dari peserta lomba:



Semoga dengan upaya-upaya yang ada tersebut dapat semakin mensosialisasikan dan melestarikan seni dan budaya yang ada di Kabupaten agar tidak semakin punah.
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search