Hasil Pertanian Kabupaten Banggai Laut

- August 22, 2018
Pembangunan bidang ekonomi yang dilakukan pemerintah dalam tahapan pembangunan yang dilaksanakan diarahkan pada sektor industri dengan didukung oleh sektor pertanian yang tangguh. Perkembangan di sektor pertanian menjadi lebih penting lagi disebabkan jumlah penduduk yang berusaha di bidang pertanian masih sangat besar.

Gambaran mengenai keadaan pertanian di Kabupaten Banggai Laut yang menyangkut luas lahan yang digunakan, luas panen, dan produksinya disajikan melalui beberapa subsektor pertanian yang yang terdiri dari:
  • Subsektor Tanaman Pangan
  • Subsektor Hortikultura
  • Subsektor Perkebunan
  • Subsektor Peternakan
  • Subsektor Perikanan

Manggis Salah Satu Hasil Pertanian di Banggai Laut
Manggis Salah Satu Hasil Pertanian di Banggai Laut

Tanaman Pangan


Di Kabupaten Banggai Laut tidak terdapat tanaman padi. Tanaman pangan terdiri dari berbagai jenis tanaman, diantaranya jagung, kacang tanah, ubi kayu, dan ubi jalar.

Pada tahun 2013 jumlah produksi tanaman ubi kayu memiliki jumlah produksi terbesar diantara tanaman tanaman palawija lainnya. Jumlah produksi yang dihasilkan sebesar 1.627 ton dengan luas panen 76 ha.

Hortikultura


Berdasarkan data tahun 2013 untuk sub sektor tanaman hortikultura khususnya tanaman sayuran, penduduk di Kabupaten Banggai Laut mengusahakan berbagai macam tanaman sayuran yang merupakan pendukung tanaman pangan sebagai makanan pokok. Tanaman sayuran yang diusahakan antara lain kacang panjang, cabe, tomat dan lain sebagainya.

Tomat merupakan komoditi yang memiliki produksi terbesar bila di bandingkan dengan jenis komoditi yang lain, yaitu sebesar 150 ton, dengan luas areal sebesar 47 ha.

Selain tanaman sayuran, tanaman buah-buahan juga di usahakan di Kabupaten Banggai Laut. Buah-buahan yang diusahakan antara lain mangga, durian, jeruk, pisang, papaya, nanas dan lainnya (manggis). Produksi langsat merupakan yang terbesar bila dibandingkan dengan tanaman buah-buahan yang lain yaitu 614,8 kuintal.

Perkebunan


Subsektor tanaman perkebunan juga menjadi bagian tak terpisahkan dalam perekonomian, sektor ini juga menjadi salah satu penyumbang devisa.

Sektor perkebunan mencakup tanaman kelapa dalam, kopi, cengkeh, jambu mete, cacao, vanili, kemiri, lada, pala, kapuk dan nilam, namun tidak semua jenis tanaman itu dihasilkan di semua kecamatan di Kabupaten Banggai Laut.

Peternakan


Peternakan dikelompokkan menjadi ternak dan unggas. Ternak yang ada di Kabupaten Banggai Laut hanya berupa sapi potong, kerbau, kuda, kambing dan babi. Populasi sapi potong pada tahun 2013 yaitu sebanyak 3.668 ekor, kerbau 2 ekor, kuda 92 ekor, kambing 26.870 ekor serta babi 1.203 ekor.

Untuk ternak unggas hanya terdapat ayam kampung, itik dan itik manila. Populasi ayam kampung pada tahun 2013 yaitu 232.268 ekor sedangkan itik populasinya berjumlah 7.081 ekor.

Perikanan


Kabupaten Banggai Laut merupakan kabupaten yang memiliki wilayah lautan lebih luas dari daratan. Hasil perikanan sudah pasti merupakan bagian dari penghasilan masyarakat. Hasil tangkapan ikan yang ada di Kabupaten Banggai Laut 36.443 ton pada tahun 2013.

Sumber: Profil Kabupaten Banggai Laut Tahun 2013
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search