Pantai Wisata Literasi Bone Binotik, Lipulalongo Kec. Labobo Kab. Banggai Laut

- August 30, 2018
Beberapa pantai wisata telah kami kunjungi, kini giliran mengunjungi salah satu pantai wisata yang ada di Kabupaten Banggai Laut yaitu Pantai Wisata Literasi Bone Binotik. Kunjungan bersama rombongan teman-teman menggunakan kapal laut milik Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Laut.

Lama perjalanan kurang lebih satu setengah jam dari ibu kota Kabupaten Banggai Laut. Sebelum sampai di tempat tujuan kami sudah cukup menikmati keindahan pemandangan laut di pagi hari selama perjalanan. Semakin terasa penasaran bagaimana keindahan pantai wisata literasi yang sudah banyak diperbincangkan orang-orang sekitar.

Setelah menempuh perjalanan yang cukup mengasyikan, kami pun tiba disana. Pasir putih halus membentang disepanjang pantai seakan menyambut penuh ramah kehadiran kami. Pepohonan yang tumbuh subur disekitar menambah keindahan alam yang masih segar tersebut. Desiran ombak memberikan nada indah yang tak pernah dimiliki oleh alat musik apapun.

Pantai Wisata Literasi Bone Binotik terlihat bersih dan terawat. Hal ini tidak luput dari andil masyarakat Desa Lipulalongo yang berperan aktif menciptakan suasana wisata pada pantai tersebut. Termasuk menyediakan beberapa fasilitas pendukung seperti buku-buku bacaan sebagai ikon wisata literasi, sarana voly pantai, alat musik sederhana, tempat berteduh bagi para pengunjung dan lain-lain. Selain itu, para pengelola juga menyediakan beberapa jenis makanan dan minuman seperti goreng-gorengan, kopi dan kelapa muda segar.

Pantai Wisata Bone Binotik
Pantai Wisata Bone Binotik

Pantai Wisata Bone Binotik
Pantai Wisata Bone Binotik

Pantai Wisata Bone Binotik
Pantai Wisata Bone Binotik

Pantai Wisata Bone Binotik
Pantai Wisata Bone Binotik

Pengelolaan ditangani oleh sebuah komunitas masyarakat yang diketuai oleh Jusman Yusran. Menurut beliau, Pantai wisata tersebut baru dikelola dan dipersiapkan kurang lebih sebulan yang lalu namun sudah banyak dikunjungi masyarakat. Termasuk miss internasional tahun 2017, Kevin Liliana baru-baru ini pernah berkunjung ke tempat ini.

Sarana yang masih dalam proses pembangunan adalah penyediaan sarana air tawar yang akan digunakan bagi para pengunjung. Namun demikian, saat ini mereka telah menyediakan MCK yang airnya disediakan oleh para pengelola.

Berikut ini video keceriaan kami di Pantai Wisata Literasi Lipulalongo:


Setelah seharian penuh menikmati keindahan pantai tersebut, kamipun pulang dengan kepuasan yang masih penuh rasa penasaran. Bagaimanakah suasana pantai pada malam hari? Karena menurut pengelola pantai tersebut, pantai tersebut juga asik digunakan sebagai tempat untuk berkemah, dan kami juga menyaksikan hal itu.

Harapan kami, semoga pantai wisata literasi ini dapat lebih diperhatikan sarana dan prasarananya serta lebih disosialisasikan ke masyarakat baik lokal, nasional maupun mancanegara.
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search